Langsung ke konten utama

RASISME DAN TOLERANSI

RASISME DAN TOLERANSI
·         Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat padaras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya
·         Beberapa penulis menggunakan istilah rasisme untuk merujuk pada preferensi terhadap kelompok etnis tertentu sendiri (etnosentrisme), ketakutan terhadap orang asing (xenofobia), penolakan terhadap hubungan antar ras (miscegenation), dan generalisasi terhadap suatu kelompok orang tertentu (stereotipe)
·         Rasisme telah menjadi faktor pendorong diskriminasi sosial, segregasi dan kekerasan rasial, termasuk genosida. Politisi sering menggunakan isu rasial untuk memenangkan suara. Istilah rasis telah digunakan dengan konotasi buruk paling tidak sejak 1940-an, dan identifikasi suatu kelompok atau orang sebagai rasis sering bersifat kontroversial
·         Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat. Contoh sikap toleransi secara umum antara lain: menghargai pendapat dan/atau pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita serta saling tolong-menolong untuk kemanusiaan tanpa memandang suku/ras/agama/kepercayaannya.
·         Istilah toleransi mencakup banyak bidang. Salah satunya adalah agama. Toleransi Beragama merupakan sikap saling menghormati dan menghargai penganut agama lain. Diantaranya adalah: a. Tidak memaksakan orang lain untuk menganut agama kita; b. Tidak mencela/menghina agama lain dengan alasan apapun; serta c. Tidak melarang ataupun mengganggu umat agama lain untuk beribadah sesuai agama/kepercayaannya.
·         Dalam kehidupan bermasyarakat, tumbuhnya sikap toleransi menimbulkan hidup yang damai saling berdampingan serta menghindarkan permusuhan.
KESIMPULAN
Pemahaman tentang rasisme dan perusakan budaya bukan untuk menyimpulkan kelompok mana yang rasis dan mana yang tidak. Akan tetapi lebih kepada kewaspadaan kita terhadap apa yang terjadi di sekitar kita, antara lain:
a. Kelompok mana yang mendeklarasikan dirinya minoritas akan tetapi pada prakteknya justru melakukan praktek-praktek rasisme?
b. Dan apakah praktek rasisme yang dilakukannya itu memang untuk kepentingan kelompoknya atau hanya untuk tujuan pribadi (self determination) yaitu memperkaya diri dengan mengangkat isu rasisme?. Di sini justru budaya dominan (pribumi) menjadi korban isu rasisme dan kelompok yang rasis itu sendiri pada akhirnya akan menjadi korban keegoan satu orang.
c. Keberagaman bukan untuk diseragamkan akan tetapi untuk diketahui agar kita lebih mengenali diri sendiri melalui orang lain dan lingkungannya.
d. Upaya untuk memiliki “Kompetensi budaya” maka kita semua perlu merenungkan dan mengubah potensi perilaku dan keyakinan kita sendiri untuk berusaha mengubah orang lain.
e. Jangan biarkan kediaman membenarkan perilaku yang salah dan menjadikannya sebuah kebiasaan (budaya) karena hal itu hanya mengantarkan kita semua pada sebuah kehancuran.
Hasil gambar untuk SUPORTER BOLA
misal contoh rasisme yang mudah terjadi di indonesia adalah nyanyian atau teriakan supporter pendukung tim Indonesia yang berisi hujatan dan kata-kata yang kurang berkenan
padahal kita semua berasal dari masyarakat majemuk yang semuanya tentu berasal dari berbagai suku,ras,budaya,dan agama sehingga seharusnya dari perbedaan itu menunjukkan kita bangsa yang besar dan seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia menjadikan itu semua untuk menananamkan di dalam hati kita rasa persatuan dan kesatuan.

Hasil gambar untuk MASJID ISTIQLAL DAN KATEDRAL
inilah contoh toleransi di Indonesia sangat indah,saya mengambil potret kehidupan antara masjid Istiqlal Jakarta dan Katedral Jakarta dimana sejak jaman dulu bangunan ini telah dibangun saling berdekatan dan bahkan saling membantu dan tolong menolong disaat masing-masing tempat ibadah ini sedang mengadakan acaranya masing-masing.begitu indah,nyaman,aman,dan tentram.
Saran saya agar dapat menumbuhkan sikap yang lebih baik lagi untuk kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya kita menanamkan rasa cinta tanah air,bangga atas semua budaya,suku,agama,dan rasa serta menjadikan diri kita sebagai tempat untuk saling mencintai dan mengormati suku,budaya,ras,dan agama di Indonesia.agar rasisme dapat diberantas.

REFERENSI:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi Kasus Ilmu Budaya Dasar (Manusia dan lingkungannya)

Pengertian Cinta Kasih kepada lingkungan         Cinta dan kasih kepada lingkungan adalah bentuk kasih sayang kepada lingkungan dengan cara menjaga dan melestarikannya.agar lingkungan tetap terjaga kelestariannya dan manusiapun dapat merasakan manfaatnya. Studi Kasus JAKARTA, KOMPAS.com - Abdul Mubarok (40) terlihat sigap menjejakkan langkahnya di antara lautan sampah yang menumpuk di Muara Angke, Jakarta Utara. Anggota Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu itu tidak takut dirinya akan terjerembab ke dalam air laut yang berada di bawah tumpukan sampah tersebut. "Sudah terbiasa, namanya juga kewajiban pekerja sisi pantai. Asal hati-hati," ujar Abdul saat ditemui di Ecomarine, Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (18/3/2018). Bekerja membersihkan sampah membuatnya terbiasa terkena benda tajam, seperti paku atau kaca. Hanya satu yang membuatnya takut saat membersihkan sampah di pesisir Jakarta dan Kep

perkembangan software dan hardware komputer grafik

Pada sebuah PC ada 3 komponen yang sangat penting dalam hal kinerja grafis, komponen tersebut yaitu : processor, momory dan VGA. VGA ( Video Graphics Adapter) merupakan standar tampilan komputer analog. VGA juga dapat diartikan sebagai komponen yang tugasnya menghasilkan visual dari komputer dan hardware yang emberikan perintah kepada komputer untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat. VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh International Bushiness Machines Corporation yang di singkat menjadi IBM. IBM adalah salah satu perusahaan AS yang memproduksi atau membuat perangkat keras dan perangkat lunak. IBM didirikan pada tanggal 15 Juli 1911 dan beroprasi pada tahun 1888 yang berpusat di Armonk, New York, dan AS. Saat ini teknologi sudah semakin maju dan berkembang, para developer-developer GPU (Graphics Processing Unit) mulai meningkatkan kemampuan mereka dalam menghasilkan sebuah vga card yang bagus. Berikut ini adalah beberapa contoh vga card dari yang pertam

Tradisi Pernikahan Jawa

Tradisi Pernikahan Jawa   Tata cara prosesi pernikahan adat jawa yang sebenarnya dapat berlangsung lebih dari satu hari. Bahkan, pada zaman dahulu pesta acara pernikahan bisa sampai 7 hari karena adanya pertunjukan wayang. Budaya tanah jawa memang menyimpan sejuta keindahan dan keagungan yang tetap dipegang teguh oleh masyarakatnya. Hal ini dapat kita lihat dalam prosesi upacara pernikahan yang penuh makna dan khas. Beragam tradisi dan tata cara pernikahan menjadi bagian dari adat masing-masing daerah. Berikut ini tahapan tata cara prosesi pernikahan adat jawa yang umum dilakukan oleh masyarakat jawa tengah dan sekitarnya, yang kami jabarkan dalam 5 tahap: Tahap 1 (Prosesi Pembicaraan) Tahapan ini intinya mencakup tahap pembicaraan pertama hingga acara melamar. a. Congkog Seorang perwakilan diutus untuk menanyakan dan mencari informasi tentang kondisi dan situasi calon besan yang putrinya akan dilamar. Tugas wali yang utama yaitu menanyakan status calon me